«

»

Mar 17

Ciri-ciri Gusi Sehat yang Wajib Anda Tahu

Gusi Sehat

SRIPOKU.COM - Temuan terbaru mengatakan jika sebanyak 98 persen orang pergi ke dokter gigi karena mengalami keluhan di area gigi, bukan area gusi.

Data ini berbanding terbalik dengan laporan World Health Organization (WHO) yang menyebutkan bahwa satu dari dua orang dewasa di dunia mengalami gingivitis alias radang gusi.

Fenomena ini dapat diartikan bahwa masih banyak masyarakat mengabaikan pengetahuan tentang ciri-ciri gusi sehat dan beragam masalah seputar gusi, yang sebenarnya perlu dipahami secara intens.

Padahal, menurut drg Sandra Olivia Kuswandani, MARS, SpPerio, gusi merupakan bagian rangka atau rumahnya gigi.

Fungsi gusi sehat sangat penting, bahkan berdampak langsung terhadap berbagai penyakit mulut yang banyak diderita.

“Orang jarang mengeluh jika sakit gusi, dianggapnya hal biasa. Nyatanya, bila gusi sudah rusak dan tanggal, maka akan berpengaruh langsung pada kesehatan gigi dan mulut juga. Apalagi jika terjadi radang atau infeksi,” papar Sandra pada acara Sobat Gusi Sehat Parodontax, di Downtown Bistro, Jakarta, Senin (16/3).

Sekadar informasi, periodontologi merupakan cabang dari ilmu kedokteran gigi yang mempelajari struktur pendukung gigi, termasuk gingiva alias gusi, tulang alveolar, sementum, dan ligamentum periodontal.

Ciri-ciri gusi sehat terlihat dari gusi yang kuat dan berwarna merah muda. Sedangkan, tanda-tanda gejala masalah gusi di antaranya adalah gusi bengkak, gusi lunak atau bisa digerakkan, gusi tidak keras, gusi mudah berdarah, gusi berwarna merah, dan bau mulut.

Indikator gejala masalah gusi bisa terlihat ketika Anda menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung bahan sodium bikarbonat. Gingivitis atau radang gusi menjadi salah satu gangguan kesehatan mulut yang paling umum di dunia.

Penyebab umum gingivitis adalah kebiasaan kurang baik dalam menjaga kesehatan mulut. Contohnya, menggosok gigi hanya satu kali sehari, tidak membersihkan sela-sela gigi dengan benang alias flossing, tidak memeriksakan plak gigi, serta membiarkan penumpukan plak. (Ridho Nugroho)

1,237 total views, 1 views today

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>